peran dan fungsi perawat manager

perawat manager

Manajemen keperawatan merupakan proses untuk melaksanakan dan mengatur sumber daya keperawatan untuk mencapai tujuan. Strategi manajemen keperawatan menghadapi new normal dalam pelayanan dan asuhan keperawatan meliputi interpersonal, informational, decisional, planning, organizing, staffing, actuating dan controlling. 

Mengelola keperawatan memerlukan perawat manager terutama perawat lini yang bersentuhan langsung dengan staf. Seorang staf memerlukan dukungan manajer dalam melaksanakan tugasnya sehingga kenyamanan dan keamanan staf dapat dipengaruhi oleh hubungannya dengan atasan. Staf memerlukan motivasi, komunikasi terbuka, bimbingan dan umpan balik positif. Tugas tersebut yang harus difahami oleh perawat manager terkait peran dan fungsinya karena peran perawat manager sangat penting untuk keberhasilan individu dan organisasi.

Perawat manager adalah perawat yang bertanggung jawab untuk suatu unit di Rumah Sakit, Puskesmas atau Klinik. Perawat manager bertanggungjawab dalam perencanaan perawatan pasien, peningkatan kualitas, penetapan tujuan dan penganggaran. Perawat manajer juga menyusun jadwal dan penugasan staf, menevaluasi kinerja, pengembangan professional dan penyediaan peluang peningkatan pendidikan dan karir yang berkelanjutan, sehingga perawat manajer wajib untuk memastikan staf melaksanakan semua tugas dengan penuh tanggungjawab serta memastikan semuanya berfungsi seperti mesin yang diminyaki dengan baik.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.