Categories:

Fakultas Imu Kesehatan Universitas Aisyiyah Bandung (FIKes Unisa Bandung) adalah fakultas yang baru saja lahir, sebagai konsekuensi beralih bentuknya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Bandung menjadi Univeristas Aisyiyah Bandung. FIKes Unisa Bandung beroperasi sejak tahun 2020. Salah satu faktor pendorong dibentuknya FIKes Unisa Bandung terutamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga kesehatan, dalam hal ini perawat dan bidan profesional di Provinsi Jawa Barat, nasional dan juga nantinya di kancah global. Sebagai sebuah institusi, maka telah ditetapkan visi dan misi FIKes Unisa Bandung, yang selaras dan sejalan dengan visi dan misi Universitas Aisyiyah Bandung.

Dalam rangka mencapai visi dan misi fakultas, diperlukan perencanaan strategis, yang terarah dan terukur. Dasar perencanaan strategis FIKes Unisa Bandung mengacu pada analisis kebutuhan masing-masing pilar yang menopang tercapainya visi dan misi fakultas, yaitu (1) pendidikan, (2) penelitian, (3) pengabdian pada masyarakat, (4) pengembangan sistem informasi dan kerja sama serta (5) Tata Kelola Aset, Administrasi, Keuangan dan Kerumahtanggaan. Rencana strategis FIKes Unisa Bandung disusun sebagai  perencanaan institusi FIKes Unisa Bandung yang menjabarkan garis besar kegiatan dan target pencapaian tiap tahun untuk kurun waktu lima tahun. 

Dalam tiap tahapan lima tahun, diharapkan peningkatan pencapaian dibandingkan periode lima tahun sebelumnya. Pada periode lima tahun pertama (2021-2025) ini, pengembangan FIKes Unisa Bandung akan menitikberatkan pada penguatan unsur catur darma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, sedangkan kerjasama, sistem informasi dan tata kelola pengembangannya diupayakan dapat sejalan dengan 3 unsur utama tersebut. 

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.